Senin, 07 Juli 2008

Sistem Informasi

Tentang Software

Beberapa istilah dasar tentang Software :

- Computers Programs = Serangkaian Instruksi untuk Komputer

- Stored Program Concept = Konsep yang Instruksinya tertulis yang disimpan dan dijalankan oleh CPU ketika dibutuhkan

- Programming = Proses penulisan atau coding Program

- Programmer = Orang yang menjalankan atau menciptakan sebuah Program

Computer Software terbagi dua yaitu system software dan aplication software

System Software adalah Instruksi yang mengelola sumberdaya Komputer

Aplication Software adalah bagian dari software komputer yang berfungsi untuk melakukan Tugas-tugas mekanisme.

- System Software Mempunyai tugas atau bekerja sebagai software yang mengontrol dan mendukung aktifitas komputer, mendukung software aplikasi dengan menunjukkan fungsi dasar komputer, Memfasilitasi pembangunan program, testing dan debugging, dan juga tidak tergantung pada aplikasi² tertentu.

didalam System Software juga memiliki bagian lagi, yang terbagi menjadi dua yakni System Control Program dan System Support Program, yang keduanya juga memiliki tugas masing².

- System Control Program, Sistim ini juga memiliki dua kinerja yaitu Mengontrol penggunaan sumber daya sistem, System ini mempunyai tugas => Mengawasi jalanya komputer secara keseluruhan, Mengalokasikan CPU time dan memori utama bagi program yang sedang dijalankan komputer, Memberikan tampilan antarmuka untuk pengguna terhadap hardware.

Kinerja yang keduanya adalah "Operating System (Operating System Service)" Kinerja System yang kedua ini sebagai Sistem yang ada dalam komputer yang berfungsi untuk menjalankan tugas-tugas yang diberikan oleh pengguna komputer, sekaligus sebagai pengelolaan program-program yang dijalankan di prosessor

Contoh :

  • Multitasking atau Mutiprogramming = Manajemen dua atau lebih program yang bisa dijalankan pada komputer dalam waktu yang bersamaan.

  • Multithreading = Multitasking yang menjalankan dua atau lebih aplikasi secara bersamaan.

  • Timesharing = Banyak pengguna CPU yang sama, yang sedang menggunakan Input/Output yang sama

  • Multiprocessing = Proses bersamaan dgn menggunakan CPU lebih dari satu.

  • Virtual memory – ’menambah’ memori komputer sehingga komputer seolah-olah memiliki memori yang besar
  • File management and security – mengatur akses ke data-data (dalam bentuk file) yang ada di secondary storage
  • Fault tolerance – toleransi kesalahan yang dapat dimaklumi sepanjang sistem komputer menghasilkan output yang sesuai
  • User interface – tampilan (dalam bentuk gambar/icon) di output komputer yang memungkinkan pengguna komputer mengendalikan komputer. Interface ini dirancang untuk menggantikan perintah berbasis teks (yang kompleks)
Tipe-tipe Sistem Operasi :
- Products Microsoft : MS- DOS, Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows NT, Windows 2000, Windows XP.
- Other Products : UNIX, LINUX, JavaOS, IBM (O/S)2, Macintosh Operating System.

- System Support Program= System yang Mendukung operasi komputer, manajemen komputer dan pengguna sistem komputer

Contoh :

System Utilities
- Melakukan tugas-tugas dasar: mengecek integritas disk, membuat direktori/folder, mengembalikan file-file yang terhapus, manajemen penggunaan memori.

Monitor kinerja
- Monitor job processing
- Menghasilkan reports untuk penggunaan sumber daya sistem

Security monitors
- Memonitor sistem komputer sekaligus melindunginya dari gangguan (misalnya virus, malware) ataupun dari penggunan yang tak semestinya (misalnya cracker, pengrusakan)


Software Issues ( Paradigma Software )

paradigma software terdiri dari :

  • Open system

adalah beberapa software yang didesain untuk bekerjaa di berbagai sistem operasi

apabila open source maka mampu memberikan fleksibilitas bagi penggunanya sehingga bisa bertukar data tanpa khawatir tentang sistem operasi

Contoh : Microsoft Offie, Open Office

  • Open Source Software

adalah Software yang dibuat bersama oleh pada Programmer dimana Sourcecodenya bebas.


Bagaimana Komputer Mengerti Bahasa Pemrogramman???

Program ditulis dengan Bahasa Pemrogramman kemudian ditranslasikan, setelah diproses program ditulis dalam Machine Language dan menghasilkan Object Code.


Proses Translasi terdiri dari : Assembler, Compiler, Interpreter.

Compiler : Proses penterjemahan secara keseluruhan,

Interpreter : Proses Penterjemahan secara Instruksi demi Instruksi. ( Step by Step )


Bahasa Pemrogramman

Bahasa Pemrogramman berkembang dari generasi kegenerasi, dewasa ini bahasa pemrogramman telah mencapai tahap atau generasi kelima, rinciannya adalah :


  • Bahasa Mesin ( Generasi Pertama )

Dalam generasi pertama ini bahasa pemrogramman masih menggunakan bahasa asli komputer, yang terdiri dari angka 0 – 1, dan juga merupakan satu-satunya bahasa yang hanya dapat dimengerti oleh komputer.

  • Bahasa Assembly ( Generasi Kedua )

Merupakan Translasi dari bahasa mesin, dan juga lebih User-Friendly ya'ni bersahabat atau dapat dimengerti, dan juga Assembler yakni Program yang menterjemahkan bahasa Assembly ke bahasa Mesin

  • Bahasa Prosedural ( Generasi Ketiga )

Dalam generasi ketiga ini satu perintah bahasa pemrogramman dapat diterjemahkan menjadi beberapa perintah dalam bahasa mesin, bahasa pemrogramman inipun menerangkan pengolahan langkah perlangkah ( secara Prosedural ), dan bahasa pemrograman generasi ketiga inipun hampir sama dengan Natural Language, yakni menggunakan bahasa biasa bukan bahasa Mnemonics

Contoh : Bahasa Pemrogramman C, Fortan, Quick Basic, Cobol.

Dan tidak lupa pula generasi ketiga ini juga menterjemahkan dengan cara compiler, yakni menterjemahkan bahasa pemrogramman kedalam bahasa mesin.

  • Bahasa Non-Prosedural ( Generasi Keempat )

Pada generasi ini memungkinkan para pengguna untuk meminta hasil yang diinginkan tanpa harus mengetahui detail bagaimana cara membuatnya.

Contoh : Bahasa Query, Database SQL

biasanya generasi keempat ini sering digunakan oleh pengguna Non-Technical.

  • Natural Language Programming Language ( Generasi Kelima )

Pada generasi ini kemajuan technology sudah sangat maju yakni bisa menterjemahkan bahasa percakapan kedalam bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer, akan tetapi pada generasi buncit ini masih sangat kompleks dan masih dalam percobaan/eksperimen.

Trend Bahasa Pemrograman dewasa ini....

- Visual Programming Languages
Menggunakan lingkungan grafis (Graphical User Interface)
Contoh: Visual Basic, Visual C++, Delphi
Populer oleh pengguna non teknis/biasa

- Hypertext Markup Language (HTML), PHP dan ASP
HTML merupakan bahasa standar untuk pemformatan tampilan situs web di internet
Biasanya berisi teks, gambar, animasi bahkan hingga video dan program aplikasi
Dipadukan dengan script PHP, ASP, Flash dan lain-lain untuk menghasilkan situs-situs web yang interaktif

- Extensible Markup Language (XML)
Perbaikan terhadap HTML sehingga pengguna tidak perlu aktif dalam mencari informasi di situs web
Dipadukan dengan RSS Feeder akan menjadikan XML yang dapat memberikan push information

- Componentware
Komponen-komponen software yang disatukan oleh developer sesuai dengan kebutuhan
“Plug and Play” software development

- Virtual Reality Modeling Language (VRML)
Format file yang memberikan three-dimensional interactive worlds and objects
Bisa digunakan dalam World Wide Web

- Object-Oriented Programming Languages (OOP)
berdasarkan objects – memadukan data dan instruksi tentang bagaimana memperlakukan sebuah obyek dalam pemrograman
Contoh: Java, C++
Menggunakan Unified Modeling Language (UML) untuk mendefinisikan model pemrograman

Tugas Pa Dian
Disusun Oleh :
Elang Muhammad Harun Djunaidi

Tidak ada komentar: